Eva-Kusuma-Sundari
Eva Kusuma Sundari. (foto: dok. kedaipena)

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan berang atas tudingan Amien Rais kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mengancam akan mengungkap ‘dosa’ mantan Ketua MPR itu.

Terkait hal itu, politisi PDI Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari menyarankan Luhut Binsar Panjaitan tidak main ancam dan lebih baik melayangkan somasi saja.

“Tulis somasi, minta Amien Rais menjelaskan dengan data-data dan minta maaf terbuka di hadapan publik jika tidak bisa membuktikan,” ujar Eva Kusuma Sundari kepada awak media, Selasa, 20 Maret 2018.

Dirinya lebih menyarankan upaya somasi daripada mengungkap ‘dosa’ seperti yang disebut Luhut Binsar Panjaitan. Jika somasi tak ditanggapi, Eva Kusuma Sundari mengatakan langkah hukum baru bisa ditempuh.

“Jika upaya ini tidak direspons, baru menempuh jalur hukum karena ini negara hukum. Selanjutnya pemerintah lanjut fokus bekerja, termasuk land distribution to the poor,” kata Eva Kusuma Sundari.

Seperti diketahui, saat berpidato di gedung BPK pada Senin, 19 Maret 2018 kemarin, Luhut Binsar Panjaitan berang terhadap seniornya itu yang menuding program sertifikasi Presiden Jokowi hanyalah ‘pengibulan’ atau bohong.

Luhut Binsar Panjaitan mengaku paham dengan rekam jejak si pengkritik yang disebutnya senior itu dan tak segan mencari dosa-dosanya.

“Jangan asal kritik saja. Saya tahu track record-mu kok. Kalau kau merasa paling bersih, kau boleh ngomong. Dosamu banyak juga kok, ya sudah diam sajalah. Tapi jangan main-main, kalau main-main, kita bisa cari dosamu kok. Emang kau siapa?” tegas Menko Maritim itu. (nuch/det)