Luhut-Binsar-Panjaitan
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. (foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais, saat menjadi pembicara diskusi di Bandung, pada Minggu 18 Maret 2018, meminta masyarakat waspada dengan program pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, dirinya mengatakan program tersebut sebagai ‘pengibulan’.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan meminta mantan Ketua MPR itu, tidak asal bunyi (Asbun) terkait tudingan kebohongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembagian sertifikat tanah.

“Salahnya (pembagian sertifikat) di mana. Asbun aja itu. Saya pikir enggak boleh asal ngomong, apalagi senior. Dia (Amien Rais-red) kan berapa (umurnya)? 70 tahun. Saya kan 71 tahun juga,” kata Luhut Binsar Panjaitan di sela sambutan dalam Seminar Nasional ‘Kebijakan dan Koordinasi Bidang Maritim untuk Kesejahteraan Nelayan’ di Auditorium BPK, di Jakarta, Senin 19 Maret 2018.

Sementara diketahui, saat menjadi pembicara diskusi di Bandung, pada Minggu 18 Maret 2018, mantan Ketua MPR Amien Rais meminta masyarakat waspada dengan program pembagian sertifikat tanah Jokowi. Bahkan, dirinya menyebut program itu sebagai ‘pengibulan’.

Lebih lanjut, ditegaskan Luhut Binsar Panjaitan, dirinya membantah jika program pembagian sertifikat tanah itu adalah pengibulan. Bahkan, menurutnya program tersebut sejak lama telah diberlakuan di Indonesia.

“Ngapain ngibulin? Dari dulu udah dibagi kok sertifikat itu. Tapi prosesnya lama, panjang dan sedikit. Sekarang lebih cepat dan banyak,” tegas Luhut Binsar Panjaitan.

Selanjutnya, Luhut Binsar Panjaitan juga menjelaskan, saat ini pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyelesaikan program yang belum selesai. Karena itu, dirinya meminta semua pihak bersabar dan tidak terburu memberikan penilaian negatif.

“Banyak yang bisa kita buat kalau mau, kita mengarah ke negeri yang baik. Jadi kalau ada kritik, ya kritik itu ya membangunlah,” jelas Luhut Binsar Panjaitan.

SUMBERCNN Indonesia
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR