Andreas-Hugo-Pareira
Andreas Hugo Pareira. (foto: Dok. Berita Satu)

JAKARTA, harianpijar.com – Komentar yang dilontarkan oleh Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ‘pengibulan’ bagi-bagi sertifikat tanah menuai kritikan.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira menilai apa yang dilontarkan Amien Rais itu merupakan iri hati. Apalagi, saat ini Kabinet Kerja sudah berhasil menjalankan pemerintahan.

“Saya kira komentar Pak Amien lebih didasarkan atas iri hati terhadap keberhasilan pemerintahan Jokowi. Mungkin lebih baik Pak Amien memperhatikan realita dan respons masyarakat atas program sertifikasi yang selama ini sangat diharapkan,” kata Andreas Hugo Pareira kepada awak media, Minggu, 18 Maret 2018.

“Jangan sampai masyarakat malah marah dan tidak respek pada kritik Pak Amien yang tidak mempunyai alasan yang jelas,” tambahnya.

Andreas Hugo Pareira mengatakan, program bagi-bagi sertifikat tanah sangat diharapkan oleh rakyat. Karena, mereka bisa mendapatkan sertifikat itu tanpa biaya mahal dan birokrasi yang mudah.

“Pembagian sertifikat tanah merupakan program nasional yang sangat didambakan oleh rakyat. Karena mempermudah rakyat memperoleh sertifikat tanah dengan biaya yang rendah dan birokrasi yang lebih sederhana, yang mana 2 hal ini selama ini menjadi beban bagi rakyat. Program sertifikasi tanah ini juga untuk memastikan kepemilikan rakyat atas tanah yang dimiliki,” jelas Andreas Hugo Pareira.

Sebelumnya, Amien Rais kembali melontarkan kritikan kepada Presiden Jokowi. Dirinya menyebut program bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Presiden Jokowi merupakan suatu pembohongan.

“Ini pengibulan, waspada bagi-bagi sertifikat, bagi tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan. Ini apa-apaan?” kata Amien Rais saat menjadi pembicara dalam diskusi ‘Bandung Informal Meeting’ yang digelar di Hotel Savoy Homman, Bandung, Minggu, 18 Maret 2018. (det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR