Romahurmuziy-1
Muhammad Romahurmuziy. (foto: google images)

MATARAM, harianpijar.com – Setiap orang beragama pasti memiliki keyakinan akan kebenarannya masing-masing sesuai dengan agamanya. Namun, dengan memutlakkan hal yang diyakini dan menganggap yang lain salah bukanlah tindakan yang tepat.

Menurut Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy (Romy), masih banyak pihak yang menyalahgunakan agama dan menganggap agama yang diimani sebagai keyakinan yang paling benar.

“Itu yang di-Tuhan-kan pendapatnya, sehingga apa yang dikatakan dianggap sebuah kebenaran,” kata Romy, saat diskusi tentang Peran Tokoh Agama dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama untuk Menjaga Keutuhan NKRI di Mataram, Minggu, 18 Maret 2018.

Lebih lanjut Romy mengatakan, setiap orang beragama pasti memiliki keyakinan akan kebenarannya masing-masing sesuai dengan agamanya. Karena itu, harus ada sikap saling menghormati antar umat beragama di Indonesia.

“Prinsip saling menghormati, bagimu agamamu dan bagiku agamaku,” ujarnya.

Menyatukan perbedaan, menurut Romy, tidak dilakukan dengan menyamaratakan hal yang berbeda. Namun, dengan menghormati perbedaan yang diyakininya masing-masing.

Apalagi, perbedaan dan keragaman telah menjadi dasar dalam mendirikan Indonesia yang kemudian dituangkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Tidak perlu diperdebatkan karena kita memang beda,” kata Romy.

Selain itu, Romy juga mengimbau kepada para pemuka agama untuk memastikan umatnya tidak saling menistakan dan merendahkan agama-agama lain. (cnn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR