Sohibul-Iman-dan-Anis-Matta
Sohibul Iman (kiri) dan Anis Matta (kanan).

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Gerindra menyatakan telah mengantongi 15 nama kandidat cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Terkait hal itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini 9 nama kandidat capres/cawapres dari pihaknya termasuk dalam pertimbangan Partai Gerindra.

“Mestinya sih masuk. Tapi harusnya kita bahasnya bukan Pak Prabowo menjaring ya. Tetapi bareng-bareng kita bahas,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada awak media, Jumat, 16 Maret 2018.

Menurut Mardani Ali Sera, elite PKS yang berpotensi besar untuk dipilih sebagai pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 adalah Presiden PKS Sohibul Iman, mantan Presiden PKS Anis Matta, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Dirinya mengatakan, ketiga nama tersebut yang paling potensial untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto.

“(Potensial) ada nama Sohibul Iman, Aher, Anis Matta. Mungkin nama yang lain juga. Karena kan kalau di PKS bukan kita pribadi yang ngusulin. Majelis Syuro,” ujar Mardani Ali Sera.

Sedangkan, saat ditanya soal nama cawapres Partai Gerindra yang berasal dari nonparpol, Mardani Ali Sera mengaku tidak tahu. Namun, dirinya menyebut tidak masalah jika Partai Gerindra memiliki pertimbangan nama-nama tertentu.

“Mungkin begini, Gerindra membahas. Monggo. Semua sekarang ini kan lagi tahap berkomunikasi dengan semua. Kita semua terbuka untuk berdiskusi dan bermusyawarah pasangan calon yang terbaik dan peluang menangnya besar,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa partainya telah mengantongi 15 nama kandidat cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

Meskipun menolak untuk membeberkan nama-nama cawapres tersebut, Ahmad Muzani menyebut rincian latar belakang calon pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

“Sudah ada nama-nama cawapres, barangkali 12 sampai 15 orang,” ujar Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018.

“Dari partai dan nonparpol, dari parpol sekitar tujuh. Dari militer ada, tokoh Islam ada. Ada perempuan, satu atau dua lupa saya. Jangan sebut nama. Kan janjinya nggak sebut nama,” sambungnya.

Sementara itu, sejak awal PKS diketahui telah memiliki 9 nama capres/cawapres hasil penjaringan internalnya. Adapun 9 nama-nama itu adalah sebagai berikut:

1. Ahmad Heryawan
2. Hidayat Nur Wahid
3. Anis Matta
4. Irwan Prayitno
5. Sohibul Iman
6. Salim Segaf Al JufriIr
7. Tifatul Sembiring
8. Al Muzammil Yusuf
9. Mardani Ali Sera

. (nuch/det)

loading...