Cak-Imin
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (foto: twitter/cakiminow)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau yang lebih akrab disapa Cak Imin, akhirnya mendeklarasikan diri sebagai cawapres 2019 hari ini.

“Ya saya mendeklarasikan sebagai cawapres,” ujar Cak Imin dalam pertemuan dengan Forum Pemred di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Cak Imin mengatakan, keinginan maju ini bermula dari desakan kader di tingkat bawah. Bahkan, menurutnya, kader di tingkat bawah awalnya berkeinginan dirinya maju sebagai capres.

Namun, Cak Imin meyakinkan para kader bahwa sesuai dengan perolehan suara Pemilu 2014, PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri. Maka alternatifnya, Cak Imin yang merupakan Ketua Umum PKB maju sebagai cawapres.

Akhirnya kader di tingkat bawah pun ramai-ramai membuat baliho bergambar Cak Imin. Pasca baliho terpasang beberapa bulan, elektoral Cak Imin sebagai cawapres melesat naik dalam sejumlah survei.

“Sekarang hampir tak ada lembaga survei yang tak memunculkan nama saya,” sebut Cak Imin.

Sedangkan, soal siapa yang akan dirinya dampingi sebagai capres, Cak Imin menyebut masih akan menunggu perkembangan dan restu dari para kiai.

“Yang pasti tidak akan buru-buru,” ujarnya.

Seperti diketahui, Cak Imin saat ini terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan partai-partai pengusung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 serta partai politik lainnya. (nuch/det)