Zulkifli-Hasan
Ketua MPR Zulkifli Hasan. (foto: Dok. MPR)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kewenangannya menetapkan tersangka.

Hal itu dirinya sampaikan di sela-sela menghadiri acara Milad ke-54 Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang digelar di Sportarium Arena UMY Yogyakarta hari ini.

Menurut Zulkifli Hasan, lembaga antirasuah itu berhak menentukan kapan akan mengumumkan status tersangka seseorang, termasuk kepada calon kepala daerah.

“Menetapkan tersangka itu sepenuhnya kewenangan KPK. Tidak boleh ada intervensi apapun,” kata Zulkifli Hasan, Rabu, 14 Maret 2018.

Lebih lanjut Zulkifli Hasan mengatakan, yang lebih penting dari hal itu semua adalah komitmen bersama untuk memperbaiki praktik demokrasi yang tak murah ini.

“Perlu ada perubahan mendasar sistem demokrasi kita agar tak lagi mahal dan bisa hadirkan kepala daerah yang jujur, bersih dan berintegritas,” jelasnya.

“Kalau hulunya sudah bersih maka korupsi pun terkikis habis. Maka demokrasi kita pun akan hadirkan kesejahteraan untuk rakyat,” imbuh Zulkifli Hasan. (nuch/det)

loading...