Josefina-Agatha-Syukur
Josefina Agatha Syukur. (foto: Dok. Suara)

JAKARTA, harianpijar.com – Mahkamah Agung (MA) telah menerima berkas peninjauan kembali (PK) milik terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurut tim kuasa hukum Ahok, berkas tersebut sudah diberi nomor.

“Iya, sudah ada nomornya. Kita baru dikasih tahu bahwa MA sudah terima (berkasnya) lalu sudah ada nomornya. Itu saja sih,” ujar kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Rabu, 14 Maret 2018.

Lebih lanjut Josefina Agatha Syukur mengatakan, tidak ada sidang lanjutan setelah berkas tersebut mendapat penomoran. Kecuali, jika majelis hakim masih perlu mengali informasi tambahan lagi.

“Nggak ada sidang lagi. Langsung putusan nanti. Kecuali kalau dari majelis masih ada kurang apa, mungkin dia mau dengar apa, ya kita bisa dipanggil. Kalau nggak (ada informasi yang perlu digali) ya nggak ada,” jelasnya.

Meski demikian, Josefina Agatha Syukur mengaku pihaknya sampai saat ini belum mendapat pemberitahuan lebih lanjut terkait berkas tersebut. Menurutnya, berkas tersebut kemungkinan akan diproses dalam jangka waktu dua atau tiga bulan ke depan.

“Belum, belum (ada pemberitahuan lebih lanjut). Biasanya kan dua sampai tiga bulan, rata-rata,” kata Josefina Agatha Syukur.

Seperti diketahui, PN Jakarta Utara pada Senin, 5 Maret 2018 lalu, telah mengirimkan berkas perkara PK Ahok ke Mahkamah Agung (MA). Selanjutnya, berkas itu akan disidangkan para hakim agung. Pengajuan PK ini sempat tertunda karena ada kunjungan dinas dari Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta. (nuch/det)

loading...