Prabowo-Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (foto: Dok. Antara)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan diri bakal segera merapat ke Partai Gerindra untuk berkoalisi menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, partainya siap mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai capres.

Feeling saya, Prabowo akan deklarasi capres dari Gerindra. PKS siap dukung,” ujar Mardani Ali Sera kepada awak media, Jumat, 9 Maret 2018.

Mardani Ali Sera menilai Partai Gerindra wajar untuk mengajukan diri sebagai capres. Pasalnya, jumlah kursi yang dimiliki Partai Gerindra dan PKS berbeda jauh.

“Kita harus bersama-sama. Kalau formasinya dua partai, Gerindra-PKS, sangat wajar kalau capresnya dari Gerindra. Karena Gerindra kursinya 73, kita 40, itu sudah cukup (mengusung capres/cawapres),” kata Mardani Ali Sera.

Jika Partai Gerindra dan PKS maju bersama, PKS akan menyerahkan sembilan nama capres/cawapres untuk dibahas bersama Partai Gerindra. Mardani Ali Sera pun berharap capres/cawapres yang bakal diusung berasal dari internal partai masing-masing.

Baca juga: Pilpres 2019, Fadli Zon Pastikan Gerindra Koalisi dengan PKS

“Gerindra kita minta Prabowo boleh, monggo putuskan siapa capresnya. Nanti ajuan Gerindra siapa, ajuan PKS siapa, kita bahas bersama. Ini kalau formasinya dua partai,” ungkapnya.

Meskipun secara matematis koalisi Partai Geridra dan PKS cukup untuk mengusung capres-cawapres, namun Mardani Ali Sera mengatakan masih membuka peluang koalisi dengan partai politik lain.

Salah satunya dengan PAN, yang dirinya akui tengah intens berkomunikasi dengan PKS.

“Semua sekarang masih cair, bisa internal bisa eksternal. Tetapi kan pemutusnya itu adalah partai yang punya tiket. Dalam hal ini, kalau PKS ya Presiden PKS atau Ketua Majelis Syuro. Kalau Gerindra ya Pak Prabowo. Kalau PAN bergabung, ya PAN berhak untuk bersuara,” kata Mardani Ali Sera.

Dengan begitu PKS merasa semakin yakin tidak akan merapat ke koalisi Joko Widodo (Jokowi). Menurut Mardani Ali Sera, partainya siap menghadirkan lawan bagi Jokowi.

Sebab, jika PKS merapat ke Jokowi, maka tak menutup kemungkinan Pilpres 2019 akan diikuti oleh calon tunggal. Sedangkan, Mardani Ali Sera berharap Pilpres 2019 benar-benar menjadi pesta demokrasi dengan menyuguhkan pilihan bagi rakyat. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR