Eddy-Soeparno
Eddy Soeparno. (foto: dok. laman Eddy Soeparno)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan bahwa partainya tidak akan mengusung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Meski demikian, keputusan itu ternyata belum lah final.

“Ya gini Pak Amien kan tokoh bangsa, beliau di PAN kan Ketua Dewan Kehormatan tentu apa yang disampaikan Pak Amien menjadi renungan kita bersama,” ujar Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno usai pertemuan dengan elite Partai Demokrat dan PKB, di SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Maret 2018.

Menurut Eddy Soeparno, PAN akan menjadikan pernyataan Amien Rais tersebut sebagai masukan. Namun, keputusan nantinya akan dibahas dalam Rakernas partai.

“Tentu apa yang disampaikan Pak Amien adalah yang kita hormati dan itu adalah hal-hal memang masukan yang akan kita kaji, kita godok dan kita bawa ke dalam Rakernas nanti,” jelasnya.

“Suara Pak Amien adalah penting kita dengar dan hargai dan kita jadikan bahan untuk agenda untuk kita ajukan sebagai bahan pertimbangan Raker nanti jadi penting sekali kalau Pak Amien itu,” tambah Eddy Soeparno.

Lebih lanjut Eddy Soeparno menjelaskan, saat ini di internal PAN ada banyak opsi dan alternatif terkait bahasan Pilpres 2019, meskipun belum ada keputusan soal arah dukungan.

“Di internal PAN itu suaranya banyak dalam artian banyak yang menyuarakan berbagai opsi dan alternatif berbagai skenario. Justru ini yang kami suka karena artinya dinamika demokrasi di dalam partai itu hidup, kader-kader memiliki kepedulian terhadap proses pemilihan kepemimpinan 2019,” kata Eddy Soeparno.

Sedangkan, saat ditanya soal jumlah suara kader PAN yang tidak menginginkan memilih Jokowi, Eddy Soeparno mengaku tidak mengetahui secara pasti. Dirinya menyebut itu sebagai dinamika dari kader partai.

“Saya tidak bisa menguantifikasi itu tapi yang saya hargai adalah dinamika dan kepedulian dari kader PAN untuk Pilpres 2019 sangat tinggi,” ujar Eddy Soeparno.

Menurutnya, PAN akan mengambil keputusan soal siapa calon yang diusung di Pilpres saat Rakernas. Dirinya pun enggan mengklarifikasi isu 50 persen kader PAN tak mau dukung Jokowi.

“Rakernas (yang memutuskan) kan kita partai politik. Saya tidak bisa mendahulukan Rakernas,” tandas Eddy Soeparno.

Sebelumnya, Amien Rais mengklaim bahwa dirinya sudah bertemu dengan pimpinan PAN. Menurutnya, PAN sudah siap untuk berkompetisi dengan partai pendukung pemerintah yang akan kembali mengusung Jokowi di Pilpres 2019.

“Yang jelas, saya sudah ketemu pimpinan PAN, tidak mungkin mendukung yang ada sekarang ini supaya timbul kompetisi,” kata Amien Rais seusai menghadiri acara ‘Silaturahmi Tokoh Nasional Menuju Pilpres 2019’ di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, hari ini. (nuch/det)

loading...