Jokowi-Rakernas-III-PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggunakan Hak Prerogatif menunjuk Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. (foto: twitter/PDI_Perjuangan)

JAKARTA, harianpijar.com – Koalisi partai politik pendukung Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 mendatang akan bertambah. Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani mengatakan akan ada tambahan partai politik yang merapat ke koalisi Jokowi.

“Ya pastilah ada dan pastinya nantinya akan terlihat. Ini sudah nggak sabar, sih. Masih lama, masih Agustus,” kata Puan Maharani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Maret 2018.

Puan Maharani pun berharap partai politik yang akan merapat ke koalisi pendukung Jokowi memiliki visi yang sama. Selain itu, dirinya ingin setiap partai politik pendukung Jokowi berideologi Pancasila.

“Saya harap seperti itu semuanya bahwa yang pastikan semuanya ini ideologinya Pancasila. Makanya kemudian bisa lolos dalam verifikasi KPU. Ya itu dululah yang kita kedepankan, semangatnya, dan selanjutnya. Kita lihat lagi perkembangan selanjutnya,” ujar Puan Maharani.

Seperti diketahui, sejauh ini sudah ada beberapa partai politik yang menyatakan dukungannya untuk Jokowi pada Pilpres 2019. Partai politik tersebut adalah PDIP, Partai Golkar, PPP, Partai Hanura, Partai NasDem, PSI, PKPI, dan Partai Perindo.

Namun, PSI dan Partai Perindo hanya bisa sebatas mendukung bukan mengusung, karena keduanya merupakan partai baru di Pemilu.

Sementara itu, ada juga dua partai politik lain yang belum menentukan sikap, tapi tak menutup kemungkinan akan merapat ke koalisi Jokowi. Dua partai politik itu adalah PKB dan Partai Demokrat. (nuch/det)