Fahri-Hamzah-1
Fahri Hamzah. (foto: Medcom/Arga Sumantri)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan introspeksi diri. Hal itu dirinya sampaikan menyusul keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang meloloskan Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu 2019.

“Tolong KPU mulai sekarang independen. Jangan kelihatan memihak siapa pun, termasuk petahana. Sebab, itu bisa merusak demokrasi kita secara umum,” kata Fahri Hamzah saat dikonfirmasi di gedung DPR, Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.

Lebih lanjut, Fahri Hamzah mengaku kaget ketika KPU tidak meloloskan PBB sebagai peserta Pemilu 2019.

“Sementara partai yang tidak jelas saja tiba-tiba jadi peserta pemilu,” ujar Fahri Hamzah.

Karena, menurut Fahri Hamzah, PBB telah menempatkan kadernya di DPRD seluruh kabupaten dan kota. “Masa ini ada partai yang tidak pernah ketemu papannya di seluruh Indonesia tiba-tiba ikut pemilu,” tandasnya.

Seperti diketahui, sidang ajudikasi Bawaslu pada Minggu, 4 Maret 2108, memutuskan PBB sah sebagai peserta Pemilu 2019. Bahkan, keputusan lembaga yang dipimpin Abhan ini membatalkan Surat Keputusan (SK) KPU Pemilu Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang penetapan parpol peserta Pemilu 2019.

Selanjutnya, Bawaslu memerintahkan KPU menetapkan PBB sebagai partai politik peserta pemilu 2019 paling lambat tiga hari sejak putusan dibacakan. (jpnn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR