fadli-zon-lapor
Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

JAKARTA, harianpijar.com – Laporan Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke polisi soal pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Ananda Sukarlan dan akun instagram @maklambeturah di media sosial dinilai salah alamat.

Lain itu, pernyataan tersebut disampaikan admin @maklambeturah melalui akun Facebooknya, Jumat 2 Maret 2018. Bahkan, pernyataan tersebut juga untuk mengklarifikasi laporan Fadli Zon.

“Klarifikasi buat mister Fadli Zon yang salah alamat,” demikian tulisan @maklambeturah.

Sementara, Fadli Zon dan kuasa hukumnya Mahendradatta sebelum melaporkan Ananda Sukarlan dan Akun @maklambeturah ke polisi sempat membuat pernyataan ke media tentang rencana mempolisikan keduanya terkait berita hoaks.

Bahkan, sebelum membuat laporan, Mahendradatta kepada media menyebut komposer Ananda Sukarlan telah menyebarkan informasi bohong alias hoaks seputar kelompok The Family Muslim Cyber Army (MCA) lewat akun Twitter-nya, @anandasukarlan.

Menurut Mahendradatta, kliennya telah dicemarkan karena @anandasukarlan menyebut administrator The Family MCA bernama Eko Hadi memiliki hubungan dengan Fadli Zon.

Selanjutnya, informasi tentang hubungan Eko Hadi dengan Fadli Zon juga diunggah oleh akun instagram @maklambeturah. Bahkan, akun tersebut mengunggah foto Fadli Zon bersama orang yang disebut oleh Mahendradatta yaitu Eko Hadi.

Namun, akun @maklambeturah dalam klarifikasinya menegaskan, admin tidak pernah mengunggah sosok Eko Hadi.

“Di dalam postingan mak tidak pernah memposting soal Hadi, tidak ada foto eko hadi yang ada adalah foto Roy Janir,” tulis @maklambeturah.

Sementara, menurut @maklambeturah, Roy Janir adalah admin MCA, yang grupnya berganti nama menjadi muslim bersatu, dan kemudian berganti menjadi CINTA NKRI.

Selain itu, akun @maklambeturah juga mempertanyakan letak kesalahan postingan tersebut ke kubu Fadli Zon.

“Salahnya dimana? tidak ada caption mak yang menyebutkan ente adalah berteman sama admin MCA. Didalam artikel CNN menulis melaporkan akun mak tetapi didalam penjelasannya tertulis eko hadi….memangnya ada kepsen mak menulis eko hadi, emangnya ada foto eko hadi,” kata @maklambeturah.

Bahkan, akun tersebut menegaskan tidak pernah memposting foto Eko Hadi. “Enggak ada, yang ada hanya Roy janir. Tidak ada memposting soal eko hadi cek semua tidak ada yang dihapus,” tulis akun @maklambeturah.

Selanjutnya, juga dikatakan akun @maklambeturah, seharusnya Fadli Zon mengklarifikasi fotonya bersama Roy Janir kepada publik. “Seperti halnya dulu Kivlan Zen klarifikasi fotonya dengan Sri rahayu Ningsih,” kata akun @maklambeturah.

Sedangkan, dalam penutup klarifikasinya, @maklambeturah kembali menegaskan bahwa mereka tidak pernah mengunggah foto dan sosok Eko Hadi dalam postingannya.

“Kagak pernah dan kagak ada,” tulis @maklambeturah,”Mak tegaskan sekali lagi, mak tidak ada pernah posting foto makan-makan itu, tidak ada post foto eko hadi. semoga terjelaskan.”

Sementara, saat resmi melapor ke Bareskrim Mabes Polri, Fadli Zon membawa barang bukti berupa screenshot postingan @maklambeturah di twitter dan Instagram yang bertuliskan: om fadli zon bersama admin Grup United Muslim Cyber Army #cumaSemobil, #cumafoto, #foto2017.

Selanjutnya, usai melapor ke Bareskrim, kubu Fadli Zon menunjukkan LP bernomor LP/301/III/2018/Bareskrim.

Dalam laporan tersebut, tidak tertulis nama akun maklambeturah. Pada kolom terlapor, tertulis: Ananda Sukarlan dan Akun-Akun Lain yang terkait pemberitaan yang sama.

Ananda dan ‘akun-akun’ lain itu dilaporkan dengan pasal pencemaran nama baik melalui media elektronik, sebagaimana dimaksud pasal 45 ayat 3 junto pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronika.

Namun, saat dimintai keterangan soal klaifikasi akun @maklambeturah yang merasa tidak memposting soal Eko Hadi, Fadli Zon belum dapat berkomentar panjang.

“Nanti kita lihat saja di dalam prosesnya, tapi ada link-nya yang ditulis atau di share disana. Kalau tidak salah ada linknya, yang di share yang disana,” ucap Fadli Zon.

Namun, Fadli Zon mengaku tidak pernah mengenal sosok Roy Janir.

“Sebetulnya saya tidak kenal dia, yang taunya Eko Hadi. Dia [Roy Janir] yang menemani Eko Hadi. Saya enggak tahu siapa orang ini,” tandas Fadli Zon.