Menko Polhukam Wiranto bersama Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto menggelar pertemuan dengan beberapa pengurus Komnas HAM.

Menurut Wiranto, pertemuan tersebut membahas kerja sama penanganan persoalan HAM di Indonesia.

“Kita telah melakukan pertemuan perdana untuk saling mengenal, saling berbicara tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka penegakan HAM. Dan kita sepakat ingin saling bahu membahu menyelesaikan masalah-masalah yang masih dianggap masuk dalam kategori pelanggaran HAM,” kata Wiranto saat dikonfirmas usai pertemuan, di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat 2 maret 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Wiranto, setelah terpilihnya komisioner yang baru di tubuh Komnas HAM, dibutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik dalam rangka menyamakan persepsi sebagai aparat penyelanggara negara.

“Ke depan kita ingin menunjuk tim penghubung yang akan selalu memberikan informasi terkait dua lembaga ini sehingga bersama bisa menyelesai persoalan negeri dengan satu semangat, yang sama satu pemahaman, yang sama bahwa kita bagian dari aparat pemerintah untuk menyelesaian permasalahan negeri ini,” tegas Wiranto.

Sementara, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, pertemuan dengan Menko Polhukam Wiranto itu juga membahas soal antisipasi pelanggaran HAM yang berkembang seperti kasus intoleransi, konflik agraria, hingga berbagai isu yang muncul selama pilkada.

“Kami sepakat untuk membangun komunikasi yang konstruktif dan positif di antara Polhukam dan Komnas HAM. Nantinya akan diadakan pertemuan yang lebih teknis dan detail terkait penangaan isu-isu tertentu,” kata Taufan Damanik.

Menurut Taufan Damanik, isu-isu tertentu itu seperti isu diskriminasi, ujaran kebencian, dan kekerasan dalam masyarakat.

Selain itu, pertemuan tersebut dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan selesai sekitar pukul 12.20 WIB. Selain Ahmad Taufan Damanik, perwakilan Komnas HAM yang hadir yaitu Wakil Ketua Bidang Eksternal Sandrayati Moniaga.

SUMBERKumparan
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR