Surya-Paloh
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat berkampanye untuk paslon gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal di Papua. (foto: Medcom/Arga Sumantri)

JAYAPURA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh mengatakan betapa besarnya bangsa Indonesia ini. Hal tersebut dirinya sampaikan saat pidato di hadapan puluhan ribu massa dalam kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal di Jayapura.

Menurut Surya Paloh, banyak anugerah yang telah dilimpahkan kepada bumi Indonesia ini. Mulai dari letak wilayah yang strategis, hingga potensinya yang melimpah.

“Ini bukan bangsa kecil, bukan bangsa ecek-ecek, ini adalah bangsa yang besar saudaraku,” kata Surya Paloh di Lapangan Makam Theys, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis, 1 Maret 2018.

Lebih lanjut Surya Paloh mengajak seluruh elemen bangsa untuk memiliki pemikiran besar guna kemajuan bangsa. Salah satunya, menjaga betul-betul Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai.

“Kalau memang kita sayang kepada negara kita ini. Yang begitu luar biasa sebagai negara besar anugerah sang maha pencipta,” ujar Surya Paloh.

Surya Paloh mengatakan, membangun Indonesia yang maju bisa dimulai dari Papua. Itu kenapa, utamanya di Papua untuk menjadikan rakyat Papua sebagai prioritas perjuangan.

“Saya katakan pada NasDem, perjuangan pertama, berjuang untuk rakyat Papua, bukan untuk NasDem, tapi untuk Papua, baru kemudian untuk NasDem. Itu lebih berharga, Indonesia butuh komitmen semangat kebangsaan kita,” tegasnya mengingatkan kepada para kader NasDem.

Selain itu, menurut Surya Paloh, salah satu resep membangun dan menjaga keutuhan NKRI, dengan cara tidak mempermainkan akal sehat. Karena itu, NasDem menawarkan politik gagasan dengan mengusung gerakan perubahan. Salah satunya, perubahan cara berpikir masyarakat yang kerap mempermainkan akal sehat.

“Sudah tahu benar dibilang salah, itu mempermainkan akal sehat namanya. Saya mau Papua menjadi pionir utama perubahan, saya mau Papua jadi contoh untuk daerah lainnya,” tandas Surya Paloh.

loading...