surya-paloh-jokowi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

MAKASAR, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh menyatakan alasan partainya mendukung Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali menjabat sebagai presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

“Pak Jokowi adalah sosok yang rendah hati sebagai pemimpin. Dia mau berbaur dan tak membuat jarak dengan masyarakat. Ini adalah Presiden yang paling rendah hati yang pernah saya kenal,” kata Surya Paloh saat konsolidasi calon kepala daerah se-Sulawesi Selatan, di Makassar, Rabu 28 Februari 2018..

Menurut Surya Paloh, dirinya belum melihat adanya dinasti politik dari Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, anak-anak Joko Widodo (Jokowi) hanya bekerja sebagai pedagang martabak yang tak pernah naik pangkatnya.

“Meskipun politik dinasti itu tak salah karena Indonesia menganut sistem demokrasi. Namun asas kepantasan saja,” ucap Surya Paloh.

Lebih lanjut, dijelaskan Surya Paloh, dirinya juga menilai sosok Joko Widodo (Jokowi) adalah pribadi yang konsisten, cepat dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

“Kalau dia peragu, NasDem pergi cepat-cepat dari dia (Jokowi-red),” jelas Surya Paloh.

Selanjutnya, Surya Paloh, juga menegaskan, semua perjalanan dan persoalan bangsa ini bisa berhenti di meja presiden karena Indonesia menganut sistem presidensial.

“Saya selalu katakan adinda Presiden, saya minta sepanjang kita menganut sistem presidensial, seluruh perjalanan bangsa kita ini berhenti di meja presiden, itu amanah konstitusi. UUD memberikan hak abolisi, amnesti, grasi, di atasnya adalah Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegas Surya Paloh.

Sementara, juga dikatakan Surya Paloh, dirinya tidak berambisi menjadi calon presiden atau calon wakil presiden.

“Saya hanya ingin dikenang bahwa ada ketua umum partai politik yang tak berambisi menjadi presiden. Saya ingin sejarah mencatatnya sebagai ketua umum terbaik. Itu ambisi saya, ” kata Surya Paloh.

Karena itu, menurutnya NasDem belum menentukan calon wakil presiden yang bakal mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 mendatang.

loading...