Hasto-Kristiyanto-1
Hasto Kristiyanto. (foto: VIVA/Muhamad Solihin)

DENPASAR, harianpijar.com – Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemilu 2019 Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu meminta bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berdialog politik.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Megawati Soekarnoputri menugaskan putranya yang sekaligus Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDIP Prananda Prabowo serta dirinya untuk bertemu dengan AHY.

“Bu Mega menugaskan mas Prananda dan saya untuk melakukan dialog tersebut. Kami akan mencari waktu yang tepat setelah Rakernas,” kata Hasto Kristiyanto, di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali, Sabtu, 24 Februari 2018.

Lebih lanjut, Hasto Kristiyanto mengatakan, dirinya juga akan membahas implementasi dari seluruh keputusan dan rekomendasi rakernas, serta pihaknya akan berikan ruang untuk dialog dengan partai lain. Namun, saat ditanya soal dialog, apakah itu akan membahas mengenai pengusungan capres dan cawapres, dirinya menampiknya.

“Membangun kesepahaman, tidak harus kerjasama mengusung capres cawapres. Hal-hal realisitis lebih dulu (yang dibahas). Memahami visi misinya. Platformnya. Isu strategis di DPR, isu RUKUHP,” ujar Hasto Kristiyanto.

Bahkan, menurut Hasto Kristiyanto, sebelum kongres Partai Demokrat saat itu, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) juga pernah bertemu Ketua Umum PDIP.

“Sebelumnya, pak Edhie Baskoro (Ibas) juga pernah bertemu dengan ibu Mega sebelum kongres Partai Demokrat saat itu. Jadi pertemuan itu merupakan hal yang biasa, tapi secara tradisi politik hal yang kami anggap penting, karena politik tanpa dialog tanpa gotong royong akan kehilangan makna politik itu sendiri,” tuturnya.

Meskipun demikian, kata Hasto Kristiyanto, hingga saat ini pertemuan tersebut masih belum dijadwalkan. Namun, dirinya akan berhubungan rutin dengan para Sekjen partai politik lain yang menyatakan mengusung Joko Widodo (Jokowi).

loading...