Menko Polhukam Wiranto.

JAKARTA, harianpijar.com – Kecelakaan kerja pada proyek-proyek strategis yang belakangan ini sering terjadi, menimbulkan berbagai spekulasi di tengah masyarakat. Bahkan, termasuk kemungkinan sabotase untuk kepentingan pihak tertentu.

Menurut Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, dalam setiap kasus kecelakaan selalu ada unsur kepolisian yang ikut menyelidiki dan meneliti semua kemungkinan.

“Apakah itu ada kesalahan teknis, apakah itu sesuatu yang dikatakan dengan human error, kesalahan manusia, apakah itu suatu proses struktur yang tidak sesuai dengan speknya. Tapi ada juga kemungkinan apakah itu sabotase. Ini kan perlu penyelidikan,” kata Wiranto menanggapi pertanyaan wartawan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa 20 Februari 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Wiranto, dirnya juga tidak tahu apakah gencarnya pembangunan infrastruktur di Tanah Air menyebabkan rasio kecelakaan juga menjadi lebih besar.

Karena itu, menurutnya lebih baik menunggu hasil penyelidikan dari kepolisian selesai. Sehingga penyebabnya apa bisa diketahui dam jangan sampai publik berspekulasi karena kasus kecelakaannya banyak otomatis ada sabotase.

Namun, demikian dirinya juga¬† tidak menepis ada kemungkinan itu. “Tapi juga bukan tidak mungkin seperti itu (sabotase), jadi kita tunggu. Tapi jangan sampai muncul pendapat pribadi yang jadi hoax yang justru mengganggu ketentraman masyarakat. Opini publik jangan diracuni dengan hal seperti itu,” tegas Wiranto.

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR