Rizieq-Shihab
Rizieq Shihab. (foto: tirto)

JAKARTA, harianpijar.com – Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Arab Saudi menyatakan tidak menemukan nama pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dalam daftar nama penumpang pesawat yang terbang dari Jeddah menuju ke Jakarta hari ini sekitar pukul 09:00 WIB.

“Kita cek Saudi Airlines dan Garuda gak ada rombongan Rizieq,” kata sumber anonim di KBRI, Arab Saudi, seperti dilansir dari CNNIndonesia, Rabu, 21 Februari 2018 dini hari.

Berdasarkan informasi, nama Rizieq Shihab sendiri disebutkan sumber tersebut merupakan nama yang sama dengan paspor milik Rizieq Shihab. Bahkan, saat ini pihak KBRI pun menyatakan tengah melakukan pendalaman terhadap daftar penumpang dari sejumlah maskapai lain.

“Emirates dan Turkish Airlines juga kita dalami,” lanjut sumber tersebut.

Sementara itu, hal yang sama juga diungkap oleh Kapolresta Bandara Soekarno Hatta, Kombes Ahmad Yusef, bahwa hasil pengecekan dari manifes penerbangan Saudi-Jakarta tidak menemukan nama Rizieq Shihab sebagai salah satu penumpang.

“Hasil pengecekan manifes penerbangan Saudi-Jakarta, baik Garuda maupun Saudi Airlines, sebanyak 7 penerbangan pada tanggal 20-2-2018 adalah NIHIL atas nama Rizieq Shihab maupun nama lainnya,” kata Kombes Ahmad Yusef melalui pesan teks, Rabu, 21 Februari 2018.

Menurut Kombes Ahmad Yusef, ada dua maskapai yang mendarat di bandara Soekarno Hatta dari Jeddah sekitar pukul 09:00 dan 09.30, yaitu Saudi Airlines dan Garuda Indonesia.

Menurut Kombes Ahmad Yusef, keterangan manifes tersebut didapat dari pihak Angkasa Pura II yang disertai lampiran manifes.

Namun, berdasarkan pengamatan di lapangan, sejumlah polisi dan TNI tengah berjaga lengkap dengan senjata di area sekitar bandara sejak sore.

Namun, menurut Kepala Unit Lalu Lintas Cengkareng AKP Ediyono sempat menyebut bahwa hingga saat ini masih belum ada penambahan personil keamanan di bandara.

Sementara, Kasubag Humas Polresta Bandara Soekarno Hatta Ipda Prayogo mengatakan, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 1.600 personel dan pengamanan akan dilakukan di semua terminal bandara termasuk di Perimeter Utara dan Selatan.

loading...