wiranto
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Pemerintah akan mengambil langkah tegas terhadap para pelaku penyebar berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian di masyarakat.

Bahkan, menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, akan dilakukan penangkapan terhadap para pelaku penyebaran tersebut.

“Hoax itu kan tidak jelas asal usulnya. Tapi sekarang kita melacak hoax itu muncul pertama kali dari siapa, kita harus tahu di sana. Dan kita akan tangkap,” ujar Wiranto di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2018.

Lebih lanjut Wiranto mengatakan, hoax dan ujaran kebencian yang disebarkan kepada masyarakat melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum. Karena itu, pemerintah akan menindak tegas pelaku penyebaran hoax dan ujaran kebencian.

“Kita tidak peduli lagi sekarang terhadap masyarakat, unsur-unsur masyarakat perorangan yang nyata-nyata melanggar hukum, mengganggu ketertiban umum, mengacaukan program pemerintah bersama rakyat. Hoax ujaran kebencian dan sekarang dicoba agar tidak dapat terdeteksi. Kita akan mendeteksi itu dan kita akan menindak dengan tegas dan keras,” kata Wiranto.

Selain itu, Wiranto juga mengatakan pemerintah memiliki teknologi yang mampu melacak penyebaran hoax di masyarakat, khususnya di media sosial. Meskipun, menurutnya, pemerintah masih merahasiakan alat tersebut.

“Yah nggak usah diberitakan. Ini kan rahasia,” tandasnya. (nuch/det)

loading...