Nazaruddin
Muhammad Nazaruddin. (foto: Dok. Antara Foto)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan KPK siap mempelajari dugaan korupsi yang dilakukan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sebagaimana tuduhan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Menurut Saut Situmorang, jika memang ada datanya, KPK juga akan menindaklanjutinya. Bahkan, KPK menerima ribuan pengaduan dan pengaduan yang masuk dipelajari.

“Kalau itu bukti yang cukup, masuk ke penyelidikan. Jadi ada prosesnya,” kata Saut Situmorang usai menghadiri acara Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 19 Februari 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Saut Situmorang, adanya tuduhan tak serta-merta membuat KPK menjerat pihak yang dituduh. Apalagi Nazaruddin melontarkan tuduhan secara terbuka.

“Disebut itu juga tidak serta-merta seperti itu (melakukan korupsi-red). Jangankan terbuka seperti itu (tuduhan terbuka-red), tertutup juga banyak,” tegas Saut Situmorang.

Sementara, saat ditanya bagaimana jika Nazaruddin menyerahkan bukti dan data tentang dugaan Fahri Hamzah korupsi ke KPK. Menurut Saut Situmorang dirinya enggan berandai-andai.

“Saya tidak menantang-nantang untuk menerima itu, tetapi kalau memang dia (Nazaruddin-red) bisa memberi ke kami, kemudian itu nanti akan dipelajari. Kan gak boleh suudzon terhadap orang,” tandasnya.

loading...