Tommy-Soeharto
Tommy Soeharto. (foto: dok. Bisnis Surabaya)

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Minggu, 18 Februari 2018 akan menggelar pengundian dan penetapan nomor urut partai peserta Pemilu 2019. Sementara, dari ke 14 partai politik yang dinyatakan sebagai peserta, ada yang berharap nomor cantik.

Namun, sebagian lain pasrah dengan nomor yang akan diundi dan mereka akan lebih berfokus meraih suara rakyat dan lolos ke Senayan.

Berdasarkan informasi yang diterima, pengundian akan dilaksanakan di ruang sidang utama kantor KPU. Rencananya, acara itu dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, semua partai politik diminta untuk hadir dalam pengundian nomor urut. Karena, nomor urut tersebut sangat penting karena akan digunakan dalam pemilu tahun depan.

Lebih lanjut, ditegaskan Arief Budiman, pengundian akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, partai akan diminta mengambil nomor antrean untuk pengambilan nomor urut.

“Setelah mendapatkan nomor antrean, pada tahap berikutnya setiap partai akan mengambil nomor urut peserta pemilu,” ujar¬†Arief Budiman.

Selanjutnya, dijelaskan Arief Budiman, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, 19 Februari hingga 17 April adalah waktu untuk menyelesaikan proses sengketa. Kemudian, Maret mendatang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta DPD dimulai.

Sedangkan, partai politik peserta pemilu sudah tidak sabar untuk mengambil undian nomor urut.

Sementara itu, menurut Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang, partainya siap hadir dalam pengundian nomor urut. Bahkan, dirinya berharap mendapatkan nomor cantik. Namun, dirinya tidak menyebutkan nomor apa yang diinginkan.

Lebih lanjut, Badaruddin Andi Picunang menjelaskan, Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto yang akan mengambil nomor undian tersebut.

Selanjutnya, juga dikatakan Badaruddin Andi Picunang, Tommy Soeharto sangat senang begitu mengetahui Partai Berkarya lolos sebagai peserta pemilu dan ingin datang untuk mengambil nomor urut.

Sedangkan, Partai Demokrat juga bersemangat untuk datang dalam pengundian nomor urut. Menurut Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, dirinya dan para pengurus akan meramaikan suasana pengundian itu. Bahkan, dirinya juga berharap mendapatkan nomor cantik pada pemilu kali ini.

Hinca Panjaitan secara terang-terangan menginginkan nomor 9. “Karena nomor 9 itu manis,” ujarnya saat dikonfirmasi seusai penetapan partai peserta pemilu.

Selanjutnya, Hinca Panjaitan mengatakan, Partai Demokrat juga lahir di angka 9. “Angka itu dekat sama Partai Demokrat,” kata Hinca Panjaitan.

Sementara, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga siap mengikuti tahapan selanjutnya setelah penetapan peserta pemilu. Menurut Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, pihaknya akan menerima nomor berapa pun yang diundi nanti.

“Yang paling penting selain nomor urut adalah bagaimana mempersiapkan struktur dan jaringan partai,” kata Isyana Bagoes Oka yang juga mantan jurnalis TV tersebut.

loading...