Joko-Widodo-Jokowi-dan-Prabowo-Subianto
Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. (foto: Dok. Setkab)

JAKARTA, harianpijar.com – Pengamat politik Adi Prayitno tak yakin Joko Widodo (Jokowi) akan berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Lantaran, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto sama-sama menginginkan posisi sebagai presiden, bukan posisi wakil presiden.

“Saya kira Pilpres 2019 merupakan momen politik terakhir bagi Prabowo, jika melihat usia. Karena itu, sulit rasanya membayangkan hanya menyasar posisi wakil, tapi sebagai presiden,” kata Adi Prayinto saat dikonfirmasi, Sabtu, 17 Februari 2018.

Menurut Adi Prayitno, dirinya juga menilai Prabowo Subianto sepertinya tak mau menjadi orang nomor dua Jokowi, karena menyangkut dignity dan kewibawaan.

“Buat Prabowo, sepertinya hanya ada dua pilihan. Jadi presiden atau tidak sama sekali. Apalagi sepanjang karier politiknya, mimpi Prabowo hanya ingin jadi presiden,” ucap Adi Prayitno yang juga pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta ini.

Lebih lanjut, dijelaskan Adi Prayitno, investasi politik yang ditanamkan Prabowo Subianto di politik juga sangat besar. Di antaranya, mendirikan Partai Gerindra, hal tersebut tentu menjadi bekal utama untuk maju sebagai capres.

“Saya kira, sangat tak mungkin Jokowi berpasangan dengan Prabowo. Apalagi pada saat bersamaan, sepertinya sulit menyatukan hati pendukung Jokowi dan Prabowo, yang terlanjur terbelah secara ekstrem sejak Pilpres 2014 lalu yang diperparah dengan efek pilkada Jakarta 2017,” jelasnya.

Selanjutnya, Adi Prayitno juga menegaskan, meski demikian segala kemungkinan bisa terjadi dalam politik, karena bergerak begitu dinamis. Bahkan sekalipun diprediksi sulit terjadi, namun bisa saja Jokowi berpasangan dengan Prabowo nantinya.

“Dalam politik, itu apa pun bisa terjadi, meski diprediksi sangat tidak mungkin. Seperti Jokowi bergandengan mesra dengan Prabowo di Pilpres 2019. Kalau itu yang terjadi, game over. Bisa dipastikan mereka bakal menang telak,” tegas Adi Prayitno.

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR