SBY
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (foto: Liputan6/Johan Tallo)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan belum saatnya membicarakan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2019.

Menurut SBY, sebaiknya yang dibahas adalah solusi dan kebijakan yang ditawarkan kepada masyarakat untuk 2019-2024.

“Saat ini Partai Demokrat belum saatnya berbicara tentang capres dan cawapres, belum saatnya bicara dengan partai mana kami berkoalisi, belum,” kata SBY dalam pengukuhan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) di Jakarta, Sabtu, 17 Februari 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan SBY, koalisi dengan partai lain serta pembicaraan mengenai kekuasaan yang akan didapatkan atau diharapkan Partai Demokrat dinilainya juga belum saatnya untuk dibicarakan.

Bahkan, dirinya juga menilai sekarang yang lebih penting adalah memikirkan cara mewujudkan harapan dan aspirasi rakyat apabila Partai Demokrat kembali ke pemerintahan.

“Itulah yang lebih penting sekarang. Apa yang harus dilakukan untuk rakyat Indonesia,” tegas SBY.

Sementara, menurut AHY, terlalu dini untuk membicarakan tokoh yang akan diusung Partai Demokrat pada Pemilu 2019.

“Memang terkesan dekat tinggal satu tahun, tetapi dalam politik semuanya cair semuanya bisa terjadi, komunikasi hari ini bisa terus bergulir, sampai dengan detik terakhir pencalonan capres-cawapres,” kata AHY saat dikonfirmasi secara terpisah.

Selanjutnya, juga dijelaskan AHY, karena itu Partai Demokrat menghindari pembicaraan teknis yang secara khusus terkait tokoh untuk capres dan cawapres kini. Bahkan, menurutnya partai politik mana pun ingin melahirkan dan mempersiapkan kader terbaik, tetapi politik seharusnya memilih dengan rasional.

“Belum hari ini, tunggu saja, politik memiliki misterinya, itulah yang membuat politik semakin ditunggu,” jelas AHY.

loading...