Hasto-Kristiyanto
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

JAKARTA, harianpijar.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menunggu momentum mencalonkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Hasto Kristiyanto, sampai saat ini partainya itu masih memberikan dukungan kepada Jokowi di pemerintahan. Namun, dikatakan Hasto Kristiyanto, pada waktunya nanti partainya akan mengumumkan capres bersama dengan cawapres.

“Untuk momentum waktu yang tepat kongres setelah menyerahkan ke Ibu Megawati Soekarnoputri. Yang penting kami memberikan dukungan faktual. Tentu bagi kami ini satu kesatuan kepemimpinan negara bapak presiden dengan calonnya. Jadi tunggu aja,” kata Hasto Kristiyanto saat dikonfirmasi di Hotel Mercure, Jakarta, menjelang acara Hasil Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019, Sabtu, 17 Februari 2018.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, Jokowi dapat menjadi presiden di periode pertama karena proses kepemimpinan dari PDIP. Bahkan, partainya yang mencalonkan pertama kali mantan Wali Kota Solo itu sebelum pemilu legislatif 2014.

“Dan juga tradisi, jangankan untuk presiden untuk kepala daerah pun kami selalu memberikan kesempatan dua kali bagi yang berkinerja baik,” jelas Hasto Kristiyanto.

Selanjutnya, juga ditegaskan Hasto Kristiyanto, melihat lembaga survei menyampaikan masyarakat puas terhadap kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Bahkan, Jokowi memperlihatkan kepemimpinan dengan cara ‘blusukan’ di tengah masyarakat menyelesaikan masalah.

Sementara, Hasto Kristiyanto juga mengatakan, untuk calon wakil presiden PDIP berdialog bersama dengan Jokowi untuk mencari sosok yang tepat mendampingi. Namun, hal tersebut setelah pelaksanaan kongres, partai memberikan mandat kepada Ketua Umum untuk mengumumkan.

Sedangkan, dikatakan Hasto Kristiyanto, secara periodik Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Jokowi. Sehingga, dapat berjalan dengan baik sesuai tahapan yang harus dilakukan.

“Ada momentumnya. Kalau partai lain memberikan dukungan bagus. Hal itu terbukti untuk memberikan dukungan dari rakyat ternyata harus dilengkapi dukungan di parlemen,” tandasnya.

loading...