Soal 10 Nama Capim KPK Pilihan Pansel, Istana: Sudah Final

Moeldoko
Moeldoko.

harianpijar.com, JAKARTA – Pihak Istana mengatakan 10 nama calon pimpinan (capim) KPK yang disodorkan Panitia Seleksi (Pansel) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah final. Nama-nama itu selanjutnya akan diserahkan ke DPR.

“Ya sudah finallah,” ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 3 September 2019. Moeldoko dimintai konfirmasi soal 10 capim KPK yang diserahkan pansel ke Jokowi.

Saat ditanya apakah Jokowi setuju dengan 10 nama capim KPK tersebut, Moeldoko menyebut Jokowi sudah percaya penuh kepada pansel.

Baca juga:   KPK Tangkap Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua MA Diminta Mundur Sukarela

“Presiden sudah memerintahkan, mendelegasikan kewenangan, kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi, sudah memikirkan kredibilitas yang bersangkutan dan seterusnya,” ucapnya.

Meski demikian, Moeldoko mengaku belum mengetahui pasti apakah 10 nama capim KPK tersebut masih akan ditinjau ulang sebelum dikirim ke DPR dengan pertimbangan kritik dari masyarakat.

“Saya tidak tau persis, intinya tim seleksi telah melakukan tugasnya, sudah cukup. Kan begitu. Tinggal nanti dilihat di DPR urutannya begitu. Jadi sudah menjalankan tugas, lapor presiden, kirim ke DPR,” kata Moeldoko.

Baca juga:   Ace Hasan: Fraksi Golkar Dukung Penundaan Pengesahan RUU KUHP

Moeldoko mengatakan masukan masyarakat untuk capim KPK pilihan pansel seharusnya disampaikan saat proses seleksi.

“Masa seleksi dari sejumlah (nama) sampai dengan 10 itu kan sudah panjang. Di situlah peran masyarakat memberi masukan, kan begitu. Masa mau mundur lagi,” sebutnya.

Sedangkan terkait masih ada nama capim KPK yang dinilai bermasalah, Moeldoko menyerahkan hal itu ke DPR untuk memutuskan.

“Ya nanti kan DPR yang akan milih lagi kan. Ada prosedurnya. Jadi percayakan ke DPR lagi setelah itu,” pungkas Moeldoko. (nuch/det)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini