Presiden Joko Widodo (Jokowi).

AMBON, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 14 Februari 2018 akan dijadwalkan membuka Kongres ke-30 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Menurut Gubernur Maluku, Said Assagaff, dirinya membenarkan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka Kongres ke-30 yang dihadiri ribuan kader HMI dari seluruh provinsi dan baru pertama kali digelar di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

“Pihak Istana Kepresidenan sudah memastikan Presiden Jokowi bersama sejumlah Menteri dengan menggunakan pesawat Kepresidenan akan tiba di kota Ambon pada Selasa 13 Februari 2018 petang atau malam hari,” kata Gubernur Said Assagaff saat dikonfirmasi,.di Ambon, Minggu 11 Februari 2018 kemarin.

Lebih lanjut, ditegaskan Said Assagaff, dirinya mengapreasiasi kunjungan Presiden untuk ketiga kalinya di Ambon sebagai bukti kepedulian Kepala Negara terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan di provinsi Maluku.

Bahkan, dua kunjungan Presiden sebelumya yakni saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari 2017 dan membuka Tanwir Muhammadiyah, di Ambon pada 24 Februari 2017 silam.

“Kehadiran Kepala Negara bersama sejumlah Menteri di Ambon perlu diapreasiasi dan disambut gembira seluruh masyarakat Maluku karena akan berdampak besar bagi kemajuan pembangunan di daerah ini,” tegas Said Assgaff.

Selanjutnya, Said Assagaff juga menjelaskan, selain membuka Kongres ke-30 HMI yang dipusatkan di Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan meninjau program padat karya “tunai desa” di Negeri Batu Merah, berupa normalisasi sungai sepanjang 250 meter dengan anggaran sebesar Rp296 juta yang bersumber dari dana desa.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan meresmikan penggunaan gedung Hindu Center dan Budha Center yang dipusatkan di kawasan Museum Siwalima, daerah Taman Makmur Ambon. Bahkan, kedua bangunan ini sudah selesai dibangun sejak akhir 2017 dengan anggaran masing-masing sebesar Rp7 miliar.

“Peresmian dua gedung keagamaan ini sengaja dipusatkan di lokasi Museum Siwalima, agar selesai peresmian Bapak Presiden bisa langsung meninjau dan melihat 5.300 koleksi benda bersejarah yang ada di museum, termasuk kerangka paus biru sepanjang 23,5 meter. Selama ini belum ada Kepala Negara yang berkunjung ke Museum Siwalima,” jelas Said Assagaff. .

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan akan berkunjung ke Desa Gemba, Kecamatan Kairatu, kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan menggunakan helikopter untuk melihat sejumlah program padat karya yang dilaksanakan di daerah sentra pengembangan padi tersebut.

“Presiden juga akan berkunjung ke Desa Hatu, Pulau Ambon dan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah untuk membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan sertifikat tanah gratis untuk masyarakat di daerah tersebut,” ucap Sadi Assagaff.

Selain itu, dikatakan Said Assagaf, khusus kunjungan di kabupaten Maluku Tengah, disiapkan dua alternatif yakni setelah berkunjung ke Gemba, SBB, Presiden langsung kembali dengan helikopter ke Bandara Pattimura, Desa Laha kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil menuju Desa Hatu.

“Sedangkan alternatif kedua yakni menggunakan helikopter dari Gemba, SBB menuju lapangan terbang¬† Amahai untuk membagikan KIS, KIP dan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat, setelah itu kembali ke Ambon untuk kembali dan kembali ke Jakarta,” tandas Said Assagaff. .

Sementara, Said Assagaff juga menambahkan, berbagai agenda Presiden Joko Wododo (Jokowi) selama berkunjung ke Maluku telah dibahas dan diputuskan dalam rapat bersama tim Istana Kepresidenan, Paspampres serta instansi terkait pemprov Maluku maupun pemkab Maluku Tengah dan SBB pada Sabtu 10 Februari 2018.

loading...