Romahurmuziy-dan-Jokowi
Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy (Romy) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: twitter/DPP_PPP)

JAKARTA, harianpijar.com – Nama Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Romy) memunculkan spekulasi. Lain itu, kedekatan Romy dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat dalam dua moment penting, Sabtu 3 Februari 2018 baru lalu.

Kedekatan pertama, saat Romy mendampingi Presiden Jokowi meresmikan lapangan tenis terbuka dan tertutup Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Selanjutnya, kedekatan kedua, saat Romy mendampingi Presiden Jokowi menghadiri Haul Majemuk Masyayikh di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo, Situbondo.

Pengamat politik Syarifuddin Asrori menilai, kedekatan Romy dengan Presiden Jokowi merupakan sebuah isyarat tersendiri. Bahkan, menurutnya belum lama ini ada lembaga survei yang menyebut Romy sebagai satu dari lima tokoh muda Islam yang layak diusung sebagai calon wakil presiden.

Lebih lanjut, Syarifuddin Asrori juga menilai, Romy yang berlatar belakang santri merepresentasikan kemajemukan masyarakat Indonesia. Bahkan, dirinya menyebut Romy bisa menjadi sosok ideal untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

“Mas Romy menjadi pasangan yang sesuai untuk itu. Beliau merupakan representasi kemajemukan masyarakat Indonesia,” kata¬†Syarifuddin Asrori yang juga dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Minggu, 4 Februari 2018.

Selanjutnya, Syarifuddin Asrori juga mengatakan, Romy termasuk dalam figur politikus muda yang bisa menjadi representasi generasi milenial.

Sementara, menurut Syarifuddin Asrori, Jokowi juga membutuhkan figur pendamping yang bisa menerjemahkan visinya tentang pembangunan yang konkret demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kriteria itu salah satunya terdapat pada sosok Romy,” tandas Syarifuddin Asrori.

loading...