jokowi-kampus-ui
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara dies natalis UI di Kampus Depok.

JAKARTA, harianpijar.com – Staf Khusus Kepresidenan Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempersoalkan aksi kartu kuning yang terjadi di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jumat 2 Februari 2017 kemarin.

“Terhadap aksi ini Presiden Jokowi biasa saja. Tidak tersinggung,” kata Johan Budi.

Selain itu, meski demikian pertemuan dengan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI yang telah direncanakan setelah acara Dies Natalis UI ke-68 itu, dibatalkan.

Menurut Johan Budi, pertemuan sudah direncanakan sebab BEM UI akan menyampaikan sesuatu kepada Presiden. Namun, tidak jelas apakah pembatalan itu dilakukan oleh pihak istana atau pihak rektorat UI. Sementara, Johan Budi hanya menceritakan insiden yang terjadi di Balairung UI di Kampus Depok tersebut.

“Tiba-tiba ada mahasiswa mengacungkan buku kuning (buku lagu). Dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI selepas acara. Tapi batal karena aksi tersebut,” jelas Johan Budi soal insiden kartu kuning tersebut.

Sementara, aksi itu dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato di hadapan tamu, duta besar negara sahabat, rektor, serta guru besar UI.

Namun, usai berpidato dan foto bersama, seorang laki-laki mengangkat tinggi buku kuning layaknya seorang wasit pertandingan sepak bola ketika memberikan kartu kuning kepada pemain yang melakukan pelanggaran.

Selanjutnya, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) secara sigap langsung mengamankannya dengan membawanya ke belakang.

Berdasarkan informasi terkumpul dan pantauan beberapa jam sebelumnya, seorang guru besar memang sempat meminta staf memeriksa mahasiswa yang masuk sambil membawa buku kuning tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Sedangkan, di tempat lain aksi damai dilakukan BEM UI, mereka meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghentikan upaya penunjukan perwira tinggi (Pati) Polri dan TNI menjadi Plt gubernur.

SUMBERCNNIndonesia
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR