Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Mochammad Iqbal.

JAKARTA, harianpijar.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih mengkaji wacana pengangkatan penjabat gubernur dari perwira tinggi (Pati) Polri.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Mochammad Iqbal, belum ada keputusan final mengenai wacana tersebut.

“Masih dikaji, bisa dua nama itu (Irjen Mochamad Iriawan dan Irjen Martuani Sormin) bisa juga diganti, kata Mochammad Iqbal saat dikonfirmasi di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 1 Februari 2018.

Lebih lanjut, M Iqbal menjelaskan, kemungkinan Mabes Polri mengirimkan rekomendasi lebih dari dua nama. Namun, dirinya juga tak menutup kemungkinan Polri tidak akan mengirimkan nama sama sekali.

Polri tak menargetkan kapan rekomendasi nama yang akan diangkat menjadi pejabat gubernur dikeluarkan.  “Nanti akan kami sampaikan,” jelas M Iqbal.

Seperti diberitakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengusulkan dua perwira tinggi (Pati) Polri aktif ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat dan Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, rencana itu untuk mengisi kekosongan pimpinan selama Pilkada Serentak 2018. Kedua jendral tersebut adalah Irjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani sebagai Penjabat Gubernur Sumut.

loading...