Raja-Juli-Antoni
Sekjen PSI Raja Juli Antoni. (foto: dok. PSI)

JAKARTA, harianpijar.com – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi UU Pemilu terkait tahapan dan peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 yang diajukan oleh Partai Idaman dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

PSI mengapresiasi keputusan MK tersebut. Menurut PSI, hasil itu akan memberikan keadilan bagi partai politik.

“Alhamdulilah dan terima kasih kepada MK yang masih menjadi institusi tempat keadilan ditegakan,” kata Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 13 Januari 2018.

Lebih lanjut, Raja Juli Antoni meminta kepada semua pihak terkait uji materi UU Pemilu tersebut untuk berlapang dada. Selain itu, dirinya juga berharap KPU dapat segera menindaklanjuti keputusan MK tersebut.

“Insyaallah mereka akan menindaklajuti keputusan MK tersebut. Keputusan ini memang akan menambah beban kerja KPU dan Bawaslu. Selain proses verifikasi faktual partai yang sedang berjalan, KPU seluruh Indonesia juga disibukan oleh Pilkda,” ujar Raja Juli Antoni.

Sebelumnya, MK mengabulkan gugatan yang diajukan Partai Idaman dan PSI. Majelis mengatakan isi Pasal 173 ayat 1 dan 3 sudah pernah dibatalkan MK pada UU Pemilu sebelumnya.

“Seluruh peserta pemilu haruslah sama diperlakukan selayaknya oleh penyelenggara pemilu,” kata Ketua MK Arief Hidayat. (nuch/det)

loading...