Ahok-dan-Veronica-Tan
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan istrinya, Veronica Tan. (foto: instagram/basukibtp)

JAKARTA, harianpijar.com – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara akan menggelar sidang perdana gugatan cerai yang diajukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terhadap Veronica Tan pada Rabu, 31 Januari 2018 mendatang.

Terkait hal itu, Pejabat humas PN Jakarta Utara Jootje Sampaleng mengatakan Ahok dan Veronica Tan wajib menghadiri sidang tersebut.

“Wajib hadir,” ujar Jootje Sampaleng seperti dilansir dari detik, Kamis, 11 Januari 2018.

“Namanya kan itu panggilan hukum, taat pada hukum, apakah kedua belah pihak memberikan kuasa. Kalau mereka berdua ada, para pihak prinsipal, yaitu penggugat dan tergugat, langsung boleh, masuk kepada mediasi,” lanjutnya.

Agenda sidang perdana ini adalah mediasi antara Ahok dan Veronica Tan. Baik Ahok maupun Veronica Tan, kata Jootje Sampaleng, berhak menentukan siapa yang akan menjadi mediator bagi mereka. Mediator itu sendiri bisa dari luar atau dari internal PN Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Ahok saat ini masih ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, karena divonis 2 tahun penjara setelah dinyatakan terbukti bersalah melakukan penodaan agama. Jootje Sampaleng menyebut ada mekanisme tersendiri nantinya agar Ahok dapat hadir di persidangan.

“Bagaimana mekanismenya, itu nanti. Kita harus menghormati hak-hak beliau (Ahok). Semua WNI punya hak yang sama,” tandas Jootje Sampaleng. (nuch/det)