Ade-Armando-1
Ade Armando. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando kembali dilaporkan ke polisi terkait postingan di akun Facebook miliknya. Kali ini, Ade Armando dipolisikan atas postingan yang dianggap menghina hadis Nabi Muhammad SAW.

“Kami, Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Islam, didampingi oleh Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia, pada tanggal 29 Desember 2017, melaporkan akun Facebook Ade Armando kepada pihak kepolisian atas tuduhan ujaran kebencian lewat media sosial dengan menghina Hadis Rasulullah SAW serta melecehkan ulama,” ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Front Mahasiswa Islam (FMI) Ali Alatas dalam siaran pers, Jumat, 29 Desember 2017.

Laporan tersebut diterima Polda Metro Jaya dengan nomor TBL/6405/XII/2017/PMJ tertanggal 29 Desember 2017. Lebih lanjut Ali Alatas menilai sejumlah unggahan di akun Facebook Ade Armando, termasuk unggahan gambar Rizieq Shihab yang mengenakan atribut natal, dapat memicu konflik antarumat beragama.

“Bahwa pernyataan akun Facebook Ade Armando amat sangat melecehkan hadis Rasulullah SAW. Bahwa al-hadis atau as-sunnah adalah sumber kedua setelah Alquran, yang menjadi rujukan umat Islam dalam beribadah, sehingga memiliki kedudukan mulia pada keyakinan umat Islam,” kata Ali Alatas.

Ade Armando diduga telah melakukan tindak pidana ujaran kebencian sebagaimana tertuang dalam Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45a ayat 2 UU ITE.

Baca juga: Dilaporkan ke Polisi Soal Gambar Rizieq, Ade: Saya Sudah Jelaskan Itu Hoax

Sebelumnya, Ade Armando dipolisikan oleh seorang murid Rizieq Shihab yang bernama Ratih Puspa Nusanti ke Bareskrim Polri. Ratih Puspa Nusanti merasa tak terima gurunya itu dihina dengan foto yang mengenakan atribut Natal.

Sedangkan menurut Ade Armando, dalam postingan yang dilakukannya beberapa waktu lalu itu, dirinya sudah menjelaskan bahwa gambar tersebut hoax.

“Kan gambar itu saya tulis di atasnya itu hoax. Jelas-jelas itu hoax,” ujar Ade Armando ketika dikonfirmasi, Kamis, 28 Desember 2017. (nuch/det)

loading...