Febri-Diansyah
Juru bicara KPK Febri Diansyah. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan koordinasi dengan POM TNI mengenai penyelesaian kasus dugaan korupsi Helikopter Agusta Westland (AW) 101. Koordinasi yang dilakukan terkait pemanggilan saksi dari pihak TNI.

“Tentu kalau ada perkembangan akan disampaikan. Penyidik perlu berkoordinasi dengan pihak POM TNI karena ada saksi dari pihak militer yang perlu diperiksa,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Desember 2017.

Febri Diansyah menanggapi positif komitmen Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang mendukung penuntasan kasus tersebut. Dirinya berharap KPK dan TNI terus bekerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Komitmen dari Panglima TNI yang kita dengar dan baca di media saya kira positif ketika mengatakan komitmennya untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi ini. Harapannya juga ada kerja sama yang kuat untuk upaya pencegahan,” kata Febri Diansyah.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelumnya telah menegaskan bahwa kasus dugaan korupsi Helikopter AW-101 akan diusut tuntas.

“TNI, pada dasarnya, mendukung kebijakan pemerintah dalam pemberantasan korupsi terkait heli (AW) 101. Saat ini penyelidikan kita ikuti terus satu per satu sampai di otmil (oditur militer) itu kan kita kawal sampai keputusan di pengadilan militer,” kata Marsekal Hadi Tjahjanto di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin, 18 Desember 2017 kemarin.

Bahkan, KPK juga pernah memanggil mantan KSAU Marsekal (Purn) Agus Supriatna. Namun, Agus Supriatna berhalangan hadir dengan alasan tengah melakukan umrah.

POM TNI sendiri telah menetapkan 5 tersangka dalam kasus ini. Tiga diantaranya yang telah lebih dulu ditetapkan adalah Marsma TNI FA, Letkol WW, dan Pelda S. Selanjutnya POM TNI menetapkan lagi dua tersangka yakni Kolonel Kal FTS dan Marsda SB.

Di sisi lain, KPK menetapkan irfan sebagai tersangka pertama dari pihak swasta pada Jumat, 16 Juni 2017 lalu. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR