gedung-KPU
Gedung KPU. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan verifikasi faktual kepada DPP partai politik. Menurut komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, hari ini KPU akan memverifikasi Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Besok (20 Desember 2017) verifikasi faktual, Partai Perindo jam 13.00 WIB, lalu dilanjut Partai PSI jam 14.30 WIB,” kata Pramono Ubaid Tanthowi saat dihubungi, Selasa, 19 Desember 2017.

Selanjutnya Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, KPU akan memeriksa dokumen-dokumen partai yang terdapat di tingkat pusat, seperti dokumen kepengurusan hingga keterwakilan perempuan.

“Kepengurusan, keterwakilan perempuan di kepengurusan, dan kantor,” ujar Pramono Ubaid Tanthowi.

KPU akan memeriksa KTP dan kartu tanda anggota (KTA) pengurus partai yang terdapat dalam dokumen kepengurusan. Sedangkan untuk KTP dan KTA anggota partai akan diperiksa oleh KPU tingkat kabupaten/kota.

“Kepengurusan itu ya dicek KTP dan KTA-nya (kepengurusan pusat). Kalau KTP dan KTA anggota, verifikasi faktualnya di tingkat KPU kabupaten/kota,” jelasnya.

Verifikasi faktual tersebut, kata Pramono Ubaid Tanthowi, akan dilakukan oleh beberapa komisioner beserta staf KPU.

Seperti diketahui, KPU menyatakan ada 12 partai politik yang lolos ke tahap verifikasi faktual Pemilu 2019. Partai-partai tersebut adalah Partai Perindo, PSI, PDIP, Partai Hanura, Partai NasDem, PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, dan PKB.

Sedangkan dua partai lainnya, yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda, dinyatakan tidak masuk ke tahap verifikasi faktual. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR