Helikopter-Apache-TNI-AD
Helikopter Apache milik TNI AD. (foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, harianpijar.com – Pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat tiba hari ini di Semarang, Indonesia. Pesawat itu mengangkut Helikopter AH-64 Apache milik TNI Angkatan Darat.

“Hari ini tiba di Semarang. Infonya ada 3 Unit,” ujar Kapuskom Publik Kemhan Brigjen Totok Sugiharto saat dihubungi, seperti dilansir detik, Selasa, 19 Desember 2017.

“Yang baru saya lihat satu unit keluar dari pesawat angkatan udara Amerika,” tambahnya.

Lebih lanjut Brigjen Totok Sugiharto mengatakan, helikopter Apache itu merupakan pesanan sebelumnya sebanyak 8 unit. Menurutnya, di 2018 nanti Indonesia akan menerima lagi helikopter itu.

“Iya ini yang baru tahun 2018 akan tiba (sisanya). Saat ini baru lihat satu unit,” kata Brigjen Totok Sugiharto.

Menurut Brigjen Totok Sugiharto, helikopter tersebut akan digunakan oleh Penerbangan TNI AD (Penerbad) dan akan ditempatkan di Penerbad Ahmad Yani, Semarang.

“Heli nanti akan ditempatkan Penerbad Semarang,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 2013 lalu, Indonesia telah memesan 8 helikopter Apache dari perusahaan asal AS, Boeing. Sjafrie Sjamsoeddin, yang saat itu menjabat Wamenhan, mengatakan helikopter Apache itu nantinya juga bisa digunakan untuk latihan perang operasi Garuda TNI AD.

“2 Heli utama dan 2 heli pendukung,” kata Sjafrie Sjamsoeddin di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 14 April 2014.

Kepastian terkait kedatangan helikopter Apache ini didapat saat Sjafrie Sjamsoeddin bertemu pihak Boeing di Defence Services Asia 2014 yang digelar pada 14-17 April di Malaysia.

Sementara itu, helikopter Apache tersebut telah dipesan sejak 2013 lalu dan akan tiba secara bertahap di Indonesia. Di tahap awal, 4 helikopter Apache telah tiba lebih dulu. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR