I-Wayan-Sudirta
I Wayan Sudirta. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) akan mendapatkan remisi pada hari raya Natal nanti. Kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta mengatakan kliennya akan mendapatkan remisi selama 15 hari.

“Iya dapat, (tapi) nanti dicek sama-sama ya, karena tidak ada buku di depan saya, seingat saya 15 hari itu karena Natal,” kata I Wayan Sudirta, Senin, 18 Desember 2017.

Lebih lanjut I Wayan Sudirta mengatakan, Ahok berhak mendapatkan remisi karena sudah menjalani masa tahanan selama 6 bulan.

“Kalau sejak 6 bulan ke atas itu 15 hari kalau tidak salah. Itu haknya dia pasti dapat,” ujarnya.

Remisi yang didapat Ahok adalah remisi untuk narapidana yang diberikan pada hari raya Natal. Karena, kata I Wayan Sudirta, setiap narapidana berhak mendapatkan remisi di hari raya agama yang dianut.

“Ini di luar hal-hal lain kan remisi itu macam-macam, ini sudah hak gitu. Karena khusus untuk hari raya setiap narapidana dia boleh mendapatkan remisi untuk hari raya terhadap agama yang dianut. Kalau Kristen dia ambilnya di Natal, kalau Muslim di Idul Fitri,” kata I Wayan Sudirta.

Sampai saat ini Ahok masih menjalani masa tahanannya. Menurut I Wayan Sudirta, Ahok tak mau berkomentar mengenai remisi yang didapatkan.

“Kalau Pak Ahok ini orangnya tegar, dia jalani saja dia nggak komentar yang kayak gini-gini, kalau itu sudah aturannya ya sudah dia jalani saja,” ujar I Wayan Sudirta.

“Di tahanan dia rajin membaca, malah buku yang dia baca tidak hanya buku-buku agama Kristen, tapi buku-buku agama lain juga dia baca,” imbuhnya. (nuch/det)

loading...