Setya-Novanto-4
Setya Novanto. (foto: detik/Agung Pambudhy)

JAKARTA, harianpijar.com – Kuasa hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, mengatakan kondisi kliennya sedang tidak stabil. Karena itu, dirinya mengaku belum tahu apakan Setya Novanto akan hadir di sidang perdana atau tidak.

“Kita lihat hari ini. (Terakhir komunikasi) dua hari yang lalu. (Kondisinya) up and down lah,” ujar Firman Wijaya di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Desember 2017.

Lebih lanjut Firman Wijaya mengatakan, proses peradilan harus memperhatikan kesehatan tersangka. Jika persidangan tetap berjalan tanpa memperhatikan kesehatan Setya Novanto maka menurutnya, hal itu akan membuat peradilan menjadi tak normal.

“Prinsip peradilan itu presential, kehadiran. Kita ingin proses peradilan itu normal atau seperti apa? Mengadili seseorang dalam keadaan sakit justru menunjukkan peradilan tidak normal,” kata Firman Wijaya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menegaskan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait kesehatan Setya Novanto. Bahkan, aktivitas Setya Novanto pun terus dipantau.

“(Novanto) Sehat. Kan pimpinan punya akses common room dari rutan, bukan ruang tidurnya. Kita bisa monitor, kita bisa lihat aktivitas beliau,” ujar Agus Rahardjo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR