Setya-Novanto-5
Setya Novanto. (foto: MI/Rommy Pujianto)

JAKARTA, harianpijar.com – Tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto, akan segera menjalani persidangan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara Ketua DPR itu sudah lengkap dan diserahkan ke jaksa penuntut umum.

“Perkembangan proses penyidikan kasus e-KTP dengan tersangka SN (Setya Novanto) sudah selesai dan dinyatakan lengkap atau P-21. Selanjutnya aspek formil penyerahan tersangka dan berkas dari penyidik ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) akan diproses lebih lanjut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah ketika dimintai konfirmasi, Selasa, 5 Desember 2017.

Selanjutnya tinggal masalah waktu KPK melimpahkan berkas tersebut ke pengadilan untuk ditentukan jadwal sidang pertamanya.

Menurut KUHAP, KPK mendapatkan waktu 14 hari guna menyusun surat dakwaan. Namun, biasanya KPK telah menyelesaikan persoalan itu lebih dulu supaya cepat dilimpahkan ke pengadilan.

Sebelumnya, setelah diperiksa KPK malam ini, Setya Novanto terlihat membawa map berwarna putih. Dirinya hanya tersenyum saat ditanya soal berkas perkaranya yang sudah dinyatakan lengkap itu.

Sedangkan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, mengaku tidak ikut mendampingi kliennya secara langsung karena ada urusan lain. Meskipun demikian, Fredrich Yunadi mengkritik KPK karena dianggap memaksakan pelimpahan tersebut.

“Penyidik KPK tadi jam 17.30 WIB telepon saya minta saya harus hadir ke KPK untuk dampingi SN dalam rangka P-21 penyerahan tahap kedua,” ujar Fredrich Yunadi melalui pesan singkat. (nuch/det)

loading...