Airlangga-Hartarto
Airlangga Hartarto. (foto: dok. Kompas)

JAKARTA, harianpijar.com – Dukungan terhadap Airlangga Hartarto untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar semakin mengalir deras. Baru-baru ini tiga organisasi pendiri Partai Golkar merestui Menteri Perindustrian itu untuk segera menggantikan Setya Novanto yang saat ini ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun tiga organisasi itu antara lain MKGR (Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong), SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), dan Kosgoro 1957. Bahkan ketiganya juga mendukung untuk segera dilakukan mekanisme pemilihan ketua umum baru.

Dengan memperhatikan situasi terkini dari partai, MKGR memberikan dukungannya terhadap Airlangga Hartarto. Selain itu, MKGR juga berpesan siapa pun yang menjadi Ketua Umum Partai Golkar nanti wajib membantu Setya Novanto menghadapi proses hukumnya.

“Memperhatikan aspirasi dari pengurus pusat maupun daerah MKGR yang berkembang, baik internal maupun eksternal partai dan opini publik. Maka kami ormas MKGR Partai Golkar mencalonkan saudara Ir Airlangga Hartarto sebagai ketum Golkar,” kata Ketua MKGR Roem Kono saat jumpa pers, Kamis, 30 November 2017.

Sedangkan SOKSI kubu Ade Komarudin (Akom) juga telah menggelar rapat pleno V Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil pleno, SOKSI mendukung Airlangga Hartarto maju jadi ketua umum.

“Semua peserta rapat dan disaksikan langsung oleh Pak Bobby Suhardiman, anak pendiri SOKSI, menyatakan secara bulat mendukung Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar pada munaslub mendatang,” ucap Ketua Umum Depinas SOKSI Ade Komarudin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 30 November 2017.

Selanjutnya, dukungan untuk Airlangga Hartarto semakin bertambah setelah Kosgoro 1957 besutan Agung Laksono menyatakan dukungannya untuk Airlangga Hartarto. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil rapat pleno PPK Kosgoro 1957.

“Baru saja kami menyelenggarakan rapat pleno. Kami bahas yang terpenting, menetapkan calon Ketum Partai Golkar yang akan diusulkan di Munas Yogya mendatang. Kami bersepakat untuk dibawa ke sidang adalah Airlangga Hartarto,” ujar Ketua Umum Kosgoro 1957 Agung Laksono, di kantor PPK Kosgoro, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Desember 2017.

Sementara itu, Airlangga Hartarto juga mengklaim dirinya telah mendapatkan dukungan dari 31 DPD I Partai Golkar. Tak hanya itu, dirinya menyebut telah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang merupakan mantan Ketua Umum Partai Golkar. (nuch/det)

loading...