Saut-Situmorang
Thony Saut Situmorang. (foto: Suara Pembaruan)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut berkas perkara untuk tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP Setya Novanto sudah selesai. Dirinya juga mengisyaratkan berkas itu akan segera dilimpahkan.

“Kalau saya bilang dari awal kita sudah selesai. Cuma kita tinggal merapi-rapikan aja kok. Penyidik dan penuntut sudah firm di situ. Mereka firm semua,” ujar Saut Situmorang di sela acara ‘Festival Anak Jujur’ di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Desember 2017.

Menurut Saut Situmorang, berkas Setya Novanto akan secepatnya dilimpahkan. Bahkan, KPK juga sudah menghitung semua kemungkinan terkait kasus Ketua DPR itu, termasuk ‘menghindari’ praperadilan.

“Kalau itu nanti kita sudah berkas kan berarti kita nggak main sidangnya. Berarti kan selesai,” kata Saut Situmorang saat menjawab pertanyaan apa persiapan KPK untuk menghadapi praperadilan.

Lebih lanjut Saut Situmorang menyebutkan, keterangan dari terdakwa kasus e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam persidangan Kamis, 30 November 2017 kemarin semakin menambah keyakinan KPK untuk menjerat Setya Novanto.

Menurut Saut Situmorang, penyidik dan penuntut KPK menjadi lebih firm soal kasus e-KTP tersebut.

“Bukan hanya mempercepat, tapi paling tidak menjadi, kita lebih firm bahwa selama ini yang kita lihat itu sudah betul. Ini kan hanya dikonfirmasi saja, dikroscek ulang saja bahwa yang kita dengar selama ini ternyata betul. Dibenarkan sama yang bersangkutan (Andi Narogong),” ujar Saut Situmorang. (nuch/det)

loading...