Pramono-Anung
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. (foto: Dok. Setkab)

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull agar turut aktif berperan membantu memulihkan kota Marawi setelah terjadi konflik. Lain itu, kota Marawi saat ini telah kembali dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah Filipina.

Menurut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Pemerintah Indonesia juga akan mengirim beberapa tokoh Islam moderat ke Marawi. Menurutnya sejumlah tokoh Islam moderat tersebut akan memberikan edukasi terkait Islam moderat.

“Untuk memberikan edukasi kepada teman-teman di Marawi karena Indonesia dianggap sebagai “big brother” sehingga dengan demikian Indonesia bisa berperan serta dalam hal tersebut,” kata Pramono Anung, dalam siaran resmi Istana, Minggu, 12 November 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Pramono Anung, hal ini dibahas oleh Presiden Jokowi dengan PM Malcolm Turnbull di sela-sela KTT APEC, di Furama Resort, Da Bang, Vietnam. Sementara dalam pertemuannya, Malcolm Turnbull juga meminta Indonesia tetap berperan aktif menyelesaikan masalah konflik yang terjadi di Rakhine State, Myanmar.

“Perdana Menteri Australia tetap meminta Indonesia berperan aktif karena memang seperti diketahui bersama yang sekarang ini berkomunikasi secara langsung dengan Rakhine State adalah Indonesia, baik itu Presiden sendiri maupun melalui Menlu,” tegas Pramono Anung.

SUMBERRepublika
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR