PSI
Seleksi bacaleg PSI. (foto: Merdeka/Sania Mashabi)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaksanakan seleksi bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan melibatkan panelis independen. Terkait hal itu, Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengungkap sejumlah kriteria yang partainya cari dalam seleksi tersebut.

PSI ingin caleg yang memiliki sikap inklusif dan toleran atau memandang positif perbedaan, berkomitmen terhadap pemberantasan korupsi.

“Juga punya komitmen terhadap empat pilar kebangsaan,” ujar Raja Juli Antoni di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Minggu, 5 November 2017.

Lebih lanjut Raja Juli Antoni menyebutkan, PSI juga mencari caleg yang kreatif, memiliki ide untuk menyelesaikan permasalah yang ada dan menyukai pendekatan baru dalam melakukan sesuatu.

“Termasuk kemampuan mengakomodasi ide-ide dari orang lain,” kata Raja Juli Antoni.

Selain itu, PSI ingin mencari bacaleg yang memiliki inisiatif melakukan perubahan dan menjadi refleksi atau role model bagi orang-orang di sekitarnya.

“Mampu juga menggerakkan orang lain untuk terlibat gerakan perubahan,” tandas Raja Juli Antoni.

Sementara itu, seleksi bacaleg yang digelar PSI tersebut telah dilaksanakan sejak Sabtu, 4 November 2017 kemarin sampai pekan depan di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat.

Seleksi terbuka itu untuk menumbuhkan tradisi baru dalam menyaring bacaleg yang transparan. Adapun panelis yang terlibat dalam seleksi PSI antara lain mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. (nuch/kom)

loading...