Jokowi-2
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: google images)

BOGOR, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kaum muda untuk bekerja di sektor pertanian dan untuk memodernisasikannya.

“Saya ingin mengundang generasi muda kita untuk bekerja di sektor makanan dan pertanian dengan menerapkan manajemen modern (praktik), karena sejauh ini kita telah melihat bahwa kita semakin fokus pada budidaya pertanian di pertanian,” kata Presiden Jokowi saat memperingati Hari Sumpah Pemuda di istana presiden Bogor, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Menurut Presiden Jokowi, periode pasca panen juga penting di sektor pertanian untuk menawarkan nilai tambah bagi komoditas.

Karena itu, pemerintah mendukung inovasi yang diprakarsai oleh pengusaha muda dalam mengembangkan pertanian modern, mulai dari pra-penanaman hingga masa pasca panen, untuk memanfaatkan peluang yang lebih besar di sektor makanan. Lain itu, Presiden Jokowi juga telah mendorong generasi muda untuk menjelajahi daerah-daerah di luar rumah.

“Bawa anak-anak kita ke hutan, tidak apa-apa, bawa anak-anak kita ke sawah, tidak apa-apa. Yang penting adalah mengeksplorasi outdoor lingkungan,” ucap Presiden Jokowi sambil menyoroti cara pendidikan yang tidak konvensional.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menjelaskan, dalam memegang sebuah fungsi untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada tanggal 28 Oktober kemarin, dirinya sengaja mengundang beberapa komunitas pemuda, seperti komunitas skateboard, komunitas truk makanan, komunitas modifikasi sepeda motor, dan juara olahraga.

Sementara diketahui, pada tanggal 28 Oktober 1928, beberapa perwakilan organisasi pemuda telah mengeluarkan Sumpah Pemuda yang bersejarah dimana mereka bersumpah untuk berdiri di bawah satu tanah air yang disebut Indonesia, satu negara yang disebut Indonesia, dan satu bahasa: Bahasa Indonesia. Itu adalah peristiwa penting dalam sejarah negara ini dan juga diyakini sebagai momen pendiri bahasa Indonesia.

SUMBERRepublika
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR