Tjahjo-Kumolo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Pemerintah menghargai pendapat seluruh fraksi di DPR dalam pembahasan Perppu No 2 tahun 2017 tentang Ormas. Lain itu, Pemerintah memastikan Perppu Ormas ini hadir untuk melindungi kedaulatan NKRI dari ancaman ajaran yang bertentangan dengan Pancasila.

“Peprpu nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas ini merupakan penegasan komitmen pemerintah terhadap ideologi bangsa Indonesia,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Ruang Sidang Paripurna, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 Oktober 2017.

Menurut Tjahjo Kumolo, Perppu Ormas tersebut saat ini sudah disahkan oleh DPR dan akan diubah menjadi undang-undang. Bahkan, menurutnya pengesahan ini menunjukkan DPR dan Pemerintah memiliki komitmen yang sama dalam menjaga ideologi Pancasila.

“Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah final, demokrasi kita demokrasi Pancasila,” ucap Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut, dikatakan Tjahjo Kumolo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hak untuk menjaga kedaulatan bangsa, sehingga memutuskan untuk menerbitkan Perppu tersebut. Karena, Presiden berada di garda terdepan menjaga Pancasila.

“Dengan terciptanya hukum yang sesuai karakteristik negara, maka hukum tidak hanya sebagai alat untuk mengatur, akan tetapi hukum bisa memberikan kemaslahatan bagi bangsa dan negara,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

SUMBERMetrotvnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR