Jazuli-Juwaini
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Terkait penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk masuk ke Amerika Serikat (AS), pemerintah AS melalui duta besarnya untuk Indonesia Joseph R Donovan telah meminta maaf. Lain itu, permintaan maaf tersebut dinilai banyak kalangan tidak cukup.

“Masalah jelas ada di pihak AS. Meski Duta Besar AS sudah minta maaf, Pemerintah AS secara resmi harus menjelaskan seterang-terangnya apa masalahnya,” kata Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Oktober 2017.

Sementara, Jazuli Juwaini yang juga anggota Komisi I DPR ini termasuk pihak yang sangat menyesalkan terjadinya penolakan tersebut. Dikarenakan, Panglima TNI telah mengantongi visa dan keberangkatannya juga atas undangan Panglima Angkatan Bersenjata AS untuk menghadiri acara Chiefs of Defence Conference on Country Violent Extremist Organizations (VEOs) yang dilaksanakan pada 23-24 Oktober 2017 di Washington DC.

“Ini bisa menjadi insiden diplomatik yang serius. Apalagi jika pemerintah AS tidak bisa menjelaskan secara jelas mengapa insiden ini bisa terjadi,” ucap Jazuli Juwaini.

Selanjutnya, ditegaskan Jazuli Juwaini, dirinya mendukung penuh sikap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi yang tidak menganggap masalah ini selesai dengan permintaan maaf tersebut. Namun, diminta pemerintah AS memberikan penjelasan resminya.

“Sikap Menlu sudah tepat. Apalagi pemberitahuan bahwa Panglima tidak diizinkan masuk disampaikan melalui pihak maskapai. Jelas ini tidak profesional dan tidak proporsional dalam kerangka diplomasi dua negara,” tegas Jazuli Juwaini.

Sementara, Jazuli Juwaini juga menjelaskan, Panglima TNI adalah pejabat penting negara dan rencana keberangkatan itu karena diundang resmi oleh Panglima Angkatan Bersenjata AS sebagai pejabat negara untuk acara kenegaraan. Lain itu, ada etika dan kepatutan diplomatik yang dilanggar dalam hal ini karena menyangkut wibawa dan marwah negara.

SUMBERMetrotvnews
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR