tjahjo-kumolo
Tjahjo Kumolo, dirinya berharap keputusan pembahasan Perppu Ormas dihasilkan secara musyawarah mufakat.

JAKARTA, harianpijar.com – Pemerintah yang diwakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan terbuka untuk merevisi Perppu Ormas. Lain itu, pembahasan lanjutan aturan itu akan diputuskan di Komisi II DPR, hari ini.

“Soal revisi oke, tapi apa dulu revisinya. Oke saja kalau mengenai hukuman. Tapi yang sudah final ya Pancasila, jangan ada agenda lain di luar Pancasila,” kata Tjahjo Kumolo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 23 Oktober 2017.

Menurut Tjahjo Kumolo, dirinya meyakini seluruh fraksi di Komisi II DPR RI memahami dan memiliki komitmen terhadap Pancasila. Karena itu, catatan revisi sah dilakukan sebagai agenda penyempurnaan Perppu Ormas untuk berkembang menjadi aturan mengikat dalam undang-undang.

“Ormas apa pun berserikat dilindungi undang-undang, tetapi prinsip menerapkan Pancasila harus menjadi komitmen pemerintah dan DPR,” ucap Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut, ditegaskan Tjahjo Kumolo, dirinya juga berharap keputusan pembahasan Perpu Ormas dihasilkan secara musyawarah mufakat. Lain itu, dirinya juga optimistis ini bisa terwujud lantaran pemerintah sudah berkenan untuk mengakomodasi catatan revisi Perppu Ormas yang dibahas di Komisi II.

“Komitmen tidak hanya pemerintah, seluruh fraksi-fraksi, seluruh Parpol saya kira punya komitmen terhadap Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” tandas Tjahjo Kumolo.

loading...