Syarief-Hasan
Syarief Hasan. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan rakyat Indonesia menginginkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan sukses sehingga rakyat dapat hidup aman dan damai.

“Harapan masyarakat adalah Pemerintah dapat memperbaiki kehidupan rakyat menjadi lebih layak dan sejahtera,” kata Syarief Hasan dalam sebuah diskusi yang bertajuk “Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK” di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat, 20 Oktober 2017.

Sementara, dalam kesempatan tersebut, Syarief Hasan mengutip salah satu butir dari Nawa Cita Presiden Jokowi. Yakni, “Pemerintah selalu hadir dalam membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan terpercaya”.

Namun, dijelaskan Syarief Hasan, realitasnya presiden dan wakil presiden sering tidak hadir dalam setiap persoalan yang muncul.

“Saat ini sedang muncul wacana soal pembentukan Densus Tipikor tapi presiden tidak hadir. Sebelumnya, pada wacana pelemahan KPK, presiden juga tidak hadir,” jelas Syarief Hasan.

Selanjutnya, juga dikatakan Syarief Hasan, dirinya mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pada pemerintahan Presiden Jokowi. Namun, menurutnya pembangunan infrastruktur yang dicapai pada pemerintahan Presiden Jokowi saat ini merupakan kelanjutan dari pembangunan pada pemerintahan sebelumnya.

“Pemerintahan di Indonesia tidak pernah berdiri sendiri tapi merupakan kelanjutan dari pemerintahan sebelumnya,” kata Syarief Hasan yang juga anggota Komisi XI DPR RI ini.

Selain itu, dikatakan Syarief Hasan, pada pemeritahan Presiden Jokowi telah banyak melakukan pembangunan infrastruktur terutama jalan tol, yang dapat menjadi modal kuat untuk percepatan pembangunan Indonesia ke depan.

Namun dirinya mengingatkan, pembangunan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi saat ini masih merupakan kelanjutan dari program pembangunan pemerintahan sebelumnya.

Sementara, ditegaskan Syarief Hasan, pada tiga tahun terakhir pemerintahan Pemerintah SBY telah membuat program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (M3PEI).

“Program MP3EI tersebut baru mulai dilaksanakan ketika pemerintahan SBY berakhir, sehingga programnya dilanjutkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tidak ada pembangunan yang berdiri sendiri,” tandas Menteri Koperasi dan UKM pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

SUMBERRepublika
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR