Ahmad-Riza-Patria
Ahmad Riza Patria. (foto: dok. Viva)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria mempertanyakan peran pembinaan pemerintah terhadap organisasi masyarakat (Ormas).

Pasalnya, menurut Ahmad Riza Patria, selama ini pemerintah bukan malah membina dan membantu mensinergikan ormas untuk pembangunan bangsa, justru mengeluarkan Perppu Ormas yang dinilai banyak memiliki kekurangan.

“Pemerntah itu kan harusnya membimbing, membina bahkan membantu ormas-ormas, karena ormas-ormas ini adalah anak-anak bangsa yang menjadi tugas pemerintah untuk membina,” kata Ahmad Riza Patria saat dikonfirmasi di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis, 19 Oktober 2017.

Lebih lanjut, ditegaskan Ahmad Riza Patria, pemerintah semestinya tidak boleh menjadikan ormas sebagai musuh negara. Selanjutnya, pemerintah justru harus melakukan upaya pembinaan, kalaupun ada ormas yang dianggap melanggar ketentuan aturan atau keluar dari ideologi pancasila.

“Di situ lah tugas dan peran pemerintah,” tegas Ahmad Riza Patria.

Selain itu, Ahmad Riza Patria juga mengkritik Pemerintah mempunyai aparat, program, didukung dana dan sebagainya untuk melakukan pembinaan. Namun, sangat disayangkan justru membuat Perppu yang menyulut konflik di masyarakat.

“Jadi disitulah semestinya tugas dan fungsi pemerintah. harus dengan cara-cara yang bijak. Karena kalau semua ormas-ormas, sebentar-sebentar dicurigai sebentar-sebentar dikatakan bertentangan dengan Pancasila, ini sangat berbahaya,” tandas politikus Partai Gerindra ini.

loading...