Setya-Novanto-1
Setya Novanto. (foto: Aktual/TINO OKTAVIANO)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua DPR RI Setya Novanto mendukung rencana pembentukan Detasemen Khusus Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri.

Hal tersebut disampaikan Setya Novanto seusai membuka seminar nasional “Revitalisasi Ideologi Pancasila Sebagai Landasan Perjuangan Partai Golkar” yang diselenggarakan Fraksi Partai Golkar MPR RI di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2017.

Menurut Setya Novanto, Densus Tipikor kerjanya sama seperti lembaga penegak hukum lainnya yang memberantas korupsi, seperti Kejaksaan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lebih lanjut, dikatakan Setya Novanto, dirinya juga mengapresiasi pernyataan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian yang menjelaskan rencana pembentukan Densus Tipikor pada rapat kerja dengan Komisi III DPR RI pekan ini. Lain itu, DPR telah membedah plus-minus pemberantasan korupsi melalui Pansus Angket KPK.

“Polri berani membentuk Densus Tipikor menunjukkan Polri berani melakukan pemberantasan korupsi di daerah,” kata Setya Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu.

Selanjutnya, Setya Novanto juga menjelaskan, akan mendukung langkah Polri untuk membentuk Densus Tipikor karena pemberantasan korupsi akan semakin intensif sampai ke daerah.

Sementara, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan rencana pembentukan Densus Tipikor belum rampung dan belum sampai pada tahap pengambilan keputusan.

Sedangkan, soal anggaran Densus Tipikor, diusulkan dimasukkan dalam RAPBN 2018. Tapi hal ini masih akan dibicarakan antara DPR dan Pemerintah.

“Tahun 2018 sudah memasuki tahun politik sehingga banyak kebutuhan anggaran. Rencana pembentukan Densus Tipikor harus secara akurat sehingga usulan anggarannya tidak dievaluasi lagi,” kata Taufik Kurniawan.

SUMBERSuara
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR